Kamis, 26 April 2012

Template Klasik atau Template Baru?

Kali ini saya akan berbagi tentang Template Klasik  atau Template Baru?. Tadi malam saya mencoba mengubah template bawaan blogger dengan hasil download template di mbah google. Namanya juga newbie ya, saya upload aja hasil download-an di blog dengan begitu saja. Tiba-tiba muncul kata-kata seperti dibawah ini :

Saya heran campur bingung, loh kok gak  bisa yah? Kembali lagi saya searching  di mbah google dengan kata kunci “mengubah template  .txt menjadi .xml  untuk upload di blogger”. Dan, ouw ternyata … *manggut2. Yang saya dapatkan cara mengubah .txt menjadi .xml sebagai berikut :
Hasil download yang berbentuk (Zip, Winrar) kita extract, kemudian kita buka file (*.txt) tadi dan save as menjadi (*.xml).  sebagai contoh buka green.txt klik dibagian atas yang tertulis FILE klik kanan muncul  SAVE AS kemudian ubah menjadi green.xml di file name, untuk selengkapnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
Anda dapat melihat perbedaan .txt ke .xml dengan melihat gambar di bawah ini :
Setelah saya rubah, saya mulai lagi meng-upload ulang, saya pikir sudah berhasil, Ternyata TETAP GAGAL dan kata-katanya persis sama dengan awal saya meng-upload. Saya searching lagi di mbah google penyebab kenapa tetap gagal. Ternyata versi blogger sudah berubah menjadi new interface yang menggunakan template baru, sehingga template yang old interface bawaan klasik template uncompatible dengan bawaan blog saya. So, walaupun (.txt) sudah diubah menjadi (.xml) tetap tidak akan berhasil untuk meng-upload template. Kesimpulannya, kita harus men-download sesuai interface bawaan blogger kita dan mesti liat dulu HTML nya jika sama dengan template blog bawaan, silahkan upload insyAllah berhasil!   
Untuk  melihat perbedaan template klasik dan template baru, anda dapat lihat gambar di bawah ini: 
1. Template klasik
2. Template baru
Bisa lihat perbedaannya kan? Oiya, jika anda mengubah blogger anda dari new interface ke old interface, HTML tetap menggunakan bawaan template blogger baru. Dan ingat, jika anda meng-upload suatu template yang berbentuk file (.txt) harap dibuka dulu apakah berbentuk seperti template klasik atau template baru. Kalau berbentuk template klasik, percuma meng-extract file (.txt)  menjadi file (.xml) kemudian meng-upload ke blogger new interface yang menggunakan bawaan  template baru karena UNCOMPATIBLE, kecuali anda menggunakan bawaan template klasik baik di blogger new interface maupun old interface. Semoga bermanfaat!

1 komentar: